One Skillet Creamy Mac & Cheese

Sebenernya PD gak PD mau posting resep ini. Soalnya waktu masak ini murni berdasarkan teori sendiri hihi. Ceritanya lagi pengen makan pasta dengan saus susu + keju, tapi males bikinnya karena harus rebus pasta dulu, bikin sausnya dulu.

Trus inget pernah lihat video tutorial masak kekinian, ada yg bikin One Skillet Lasagna. Lasagna yg ribet banget tahapannya itu aja bisa dibikin di satu teflon, berarti Mac & Cheese juga dong ya? Hehe. Tujuannya adalah biar gak usah ngotorin panci rebus & banyak piring atau wadah. Biar penggorengan sama talenan ajaΒ  yg kotor, cucian piring pun gak banyak πŸ˜‰

DSC_0215 (2)

Resepnya udah jadi bikinan sendiri karena udah pernah beberapa kali bikin Mac & Cheese, ini takaran yg tepat buatku. Aku cuma pakai 2 keju (tergantung yg ada di kulkas aja), yaitu Cheddar & Mozzarella. Kalau mau lebih cheesy lagi bisa pakai red (apa orange sih?) cheese, tp harganya lumayan ya hehe. Tp emang sebanding sih sama enaknyaaa *yum.. Kalau proteinnya aku pakai smoked beef karena yg lagi ada di kulkas.

Jangan bingung yaa kalau tahap awalnya udah numis smoked beef, lalu ditambah air. Kalau gak yakin, smoked beefnya bisa ditiriskan lalu sisihkan di piring dulu. Tapi karena ini tujuannya one skillet only, jadi semua dimasak di satu panci tanpa keluar-keluar dari situ πŸ™‚

Hasilnya akan creamy sekaliiii, karena aku mengentalkan susunya hanya sebentar lalu masukin keju. jadi begitu dimakan meltiiing abis, kayak tinggal diemut trus nelen hihi. Tapi kalau sukanya lebih bertekstur, rebus macaroni-nya jangan terlalu lama & kentalkan saus bechamel-nya dulu. Oh ya, jangan lupa pakai pan atau teflon anti lengket yg tinggi ya + tutup ya, karena akan merebus macaroni sekitar 10 menit.

DSC_0219 (2)

DSC_0223 (2)

Oke deh, tanpa berlama-lama lagi, mari langsung ke resepnya. Semoga cucok rasanya ya πŸ™‚

DSC_0218 (2)

ONE SKILLET CREAMY MAC & CHEESE

Bahan:
1 sdt Minyak untuk menumis
2 lembar smoked beef, potong-potong kecil
100 gr macaroni
Air untuk merebus macaroni
Garam secukupnya
1 sdt mentega/butter
1 sdm tepung terigu
200 ml susu
150 gr keju parut (boleh dicampur 100 gr cheddar + 50 gr mozzarella/red cheddar)
garam, merica & pala bubuk secukupnya
100 gr mozzarella
Bubuk parsley

Cara Membuat:
a. Tumis smoked beef dengan minyak panas sampai kecoklatan. (di tahap ini smoked beef boleh ditiriskan di piring kecil, masukan lagi bareng keju). Isi panci dengan air (sekitar 300 cc) lalu masukan macaroni, garam & rebus sambil tutup panci selama sekitar 8-10 menit sampai macaroni lunak atau al dente. Panaskan oven di suhu 180Β° C.

b. Sisakan air rebus sampai sedikit saja, jangan sampai habis, masukan mentega/butter. Taburi macaroni & smoked beef dengan tepung terigu. Aduk rata, tuang susu ke dalam panci. Rebus kembali sampai hampir kental sambil aduk pelan-pelan. Setelah kuah susu mengental & kuah menyusut menyerap ke macaroni, masukan keju parut sedikit-sedikit sambil diaduk. Setelah keju larut, masukan bumbu garam, merica, pala bubuk sesuai selera. Didihkan lagi sekitar 5 menit. Matikan api.

c. Taburi Mac & Cheese dengan parutan mozzarella. Panggang di oven sekitar 15 menit atau sampai mozzarella meleleh (lebih enak lagi kalau sampai kecoklatan), angkat. Atau tutup panci sampai mozzarella leleh, panaskan dengan api kecil. Taburi Mac & Cheese dengan parsley bubuk, sajikan hangat.

Seperti biasa, kalau maunya pakai sosis kah, brokoli kah, daging ayam/sapi kah, bebas. Intinya adalah mendapatkan saus keju yg lembut & bertekstur masih runny (cenderung encer) jadi begitu dimakan terasa creamy sekali.

DSC_0224 (2)

Selamat mencoba ya! πŸ™‚

Advertisements

One thought on “One Skillet Creamy Mac & Cheese

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s