Blueberry Cake with Lemon Curd

bluberrycakelemoncurd3-chocolatycakes.JPG

Main ke supermarket trus ngeliat bluberi lagi diskon jadi cuma di bawah 20ribu Rupiah, secara otomatis tangan ngambil trus bilang ke Pacar, “aku beli ini yah, mau coba bikin blueberry cupcakes!”, sambil nginget2 kalau di kulkas ada se-pak sisa Mascarpone belom kepake. “Yaudah,” jawab Pacar sambil pasang muka “mau bikin apaan lagi? bikin doang, dimakan enggak” 😀

Browsing.. browsing.. browsing malam itu juga, karena gak mau lama2 simpen bluberi di dalem kulkas. akhirnya ketemu juga sama Cake ini. Aku memilih mengikuti ini karena pake lemon curd buat lapisannya. Jadi ceritanya juga masih ada sisa mascarpone di kulkas (karena kan niatnya mau menghabiskan isi kulkas, bukannya malah belanja banyak lagi, walopun pada akhirnya beli cream cheese lagi sedikit buat tambahan frosting.. muahaha).

bluberrycakelemoncurd2-chocolatycakes.JPG

Resepnya berikut ya.. intinya sih temukan cake vanilla favoritmu, masukan blueberry. layer dengan lemon curd, lalu tutup dengan mascarpone frosting. Asem asem sedaaaap!

bluberrycakelemoncurd5-chocolatycakes.JPG

BLUEBERRY CAKE
Bahan:
200 gr margarin (atau 50:50 margarin:mentega)
150 gr gula pasir
4 buah kuning telur
1 sdt vanilla
200 gr tepung terigu serbaguna
1 sdt baking powder
100 ml susu cair
200 gr blueberry
1 sdm air lemon
4 buah putih telur
50 gr gula pasir

Cara Membuat:
a. Panaskan oven dengan suhu 180 Derajat Celcius. Ayak lalu timbang tepung terigu dengan baking powder. sisihkan.
b. Kocok margarin dan gula hingga mengembang dan pucat. masukan kuning telur satu per satu, beri vanilla.
c. Masukkan campuran terigu bergantian dengan susu cair, kocok dengan kecepatan paling rendah sambil sesekali bersihkan sisi bowl agar tercampur rata. Selalu awali dan akhiri dengan terigu (terigu dibagi 3 bagian, susu 2 bagian). Matikan mixer.
d. Masukkan blueberry dan perasan air lemon, aduk rata. sisihkan
e. Di wadah berbeda, kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga menuju soft peak. sedikit demi sedikit masukkan gula pasir, kocok hingga firm peaks.
f. Campur kocokan putih telur ke dalam campuran margarine dalam 3 kali bagian. aduk dengan teknik ‘folding’ alias melipat adonan dari bawah ke atas agar merata. tuang adonan ke dalam loyang bulat 18 cm yg sudah diberi mentega dan di alasi kertas roti. panggang selama kurang lebih 35 – 40 menit (sangat bergantung pada oven yg dimiliki masing2 ya).
g. Bila cake sudah matang, angkat, lalu dinginkan selama 15 menit. Keluarkan dari loyang dan dinginkan hingga benar2 berada di suhu ruang.

LEMON CURD aku pakai resep INI

MASCARPONE CREAM CHEESE FROSTING
Bahan:
100 gr cream cheese
50 gr gula halus, atau icing sugar
50 gr butter, suhu ruangan
250 gr mascarpone
100 ml whipped cream, kocok hingga kaku, simpan sebentar dalam kulkas

Cara Membuat:
a. Kocok cream cheese dan gula halus hingga lembut, masukkan butter dan mascarpone, kocok asal rata (jangan kocok mascarpone terlalu lama, teksturnya sangat lembek kalau dibandingkan dengan cream cheese).
b. Masukkan whipped cream dingin dalam 3 tahapan ke dalam campuran cream cheese.

ASSEMBLING:

a. Bagi Blueberry Cake menjadi 4 lapisan. beri tiap lapisan dengan lemon curd. kalau aku tipis saja agar gak terlalu asam. sisakan sedikit untuk hiasan.
b. Susun 4 lapisan kue dan simpan sebentar di dalam freezer selama membuat Frosting. keluarkan Cake dr kulkas, cover cake dengan frosting dan hias sesuai selera. kalau aku hias dengan sederhana saja karena ternyata bluberinya gak cukup hahaha..

bluberrycakelemoncurd4-chocolatycakes.JPG

Selamat mencoba yaa.. sangat disarankan menyantap Cake ini sambil minum teh pahit, karena aseeeem (even untuk Kakakku yg gak suka banget manis)! kalau aku sih suka. mungkin kamu juga suka kalau sudah terbiasa melihat, eh makan yg manis2 :”)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s