Chocochip Scones

Aku suka banget nonton “Baked with Anna Olson” yang tayang tiap malam di AFC . Kebetulan minggu lalu lagi episode “Biscuit & Scone” dan nonton bareng Pacar. Langsung ngiler karena kami berdua memang gampang tergoda sama tampang2 roti atau yang mirip2 roti seperti biscuit atau scone ini.

ChocochipScones-ChocolatyCakes

Kalau Pacar udah ngomong “itu kayaknya enak” yang artinya dia mau makan *well, sebenernya apa pun yang aku bikin pasti dimakan. tp kan alangkah senangnya kalau favoritnya juga :D*, berarti aku harus coba bikin. Dan memang gampang banget. Apalagi untuk pemula sepertiku, resep Scones dari Joy of Baking sangat cocok. Mudah didapat bahannya, mudah dibuat bikinnya, cepat juga jadinya, cepat pula abisnya haha. Karena crunchy di luar, moist di dalam dengan manis cuma dari chocochip, gak bakal tahan lama begitu keluar dari oven. apalagi kalau dinikmati bareng teh pahit hangat. yuuumm!
Scones aku glaze dengan lemon glaze yang sebenernya Anna Olson bikin di Lemon Scones. tapi aku buat biar ada sedikit rasa asam & tampak lebih menggoda.

Berikut resepnya yang coba aku terjemahkan

ChocochipScones-ChocolatyCakes

CHOCOLATE CHIP SCONES
Source: Joy of Baking

Bahan:

260 gr tepung terigu

50 gr gula pasir halus
1 1/4 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda
1/4 sdt garam (karena pakai mentega asin, garam aku skip –Asti)
113 gr mentega dingin, potong kecil2
75 gr cheri atau buah2an kering (aku gak pakai –Asti)
1 sdt vanilla ekstrak
160 ml – 180 ml buttermilk (aku pakai susu cair ditambah 1 sdt air lemon, tunggu 10 menit hingga susu menjadi asam & mengental –Asti)

Cara Membuat:

a. Panaskan oven sampai 200 derajat Celcius. Alasi loyang dengan kertas roti .

b. Dalam mangkuk besar, campur tepung terigu, gula, baking powder, baking soda dan garam . Masukan potongan kecil mentega ke campuran tepung dengan blender pastry atau dua pisau (adonan harus seperti remah kasar). masukkan chocochip dan ceri/buah2an kering bila pakai. Dalam gelas ukur, campur buttermilk dan vanili ekstrak, kemudian tambahkan ke campuran tepung terigu . Aduk hanya sampai adonan menyatu (tambahkan buttermilk atau tepung bila diperlukan). Jangan over mixed.

c. Transfer adonan ke meja yang sudah ditaburi tepung terigu, lalu uleni adonan lembut empat atau lima kali dan bentuk adonan menjadi lingkaran yaitu sekitar 18 cm bulat dan tebal sekitar 3,5 cm.  Bagi adonan menjadi setengah, lalu masing2 adonan dibagi 4 hingga mendapat 8 potong segitiga. Taruh di loyang, lalu oles scones dengan sedikit susu .

d. Panggang selama sekitar 15 sampai 20 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan. Bisa juga tusuk scones dengan tusuk gigi. bila tidak ada remah yang tertinggal, artinya sudah matang. Keluarkan dari oven lalu dinginkan di cooling rack.

Lemon Glaze

2 sdm gula halus
1 1/2 sdt air lemon

Cara membuat:

Aduk gula dengan air perasan lemon dengan whisk hingga gula larut. Tuang glaze ke atas scone sesuai selera.

Scones paling baik dinikmati di hari yang sama setelah dibuat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s