Churros

ChurrosRecipe-ChocolatyCakes

Akhirnya update blog lagi… Update website juga masih jarang2 krn Alhamdulillah, pesanan makin akhir tahun makin rame. kalau ada hari kosong pengennya tidur aja atau gak main.

Resep kali ini yg aku bikin adalah Churros. udah dari lama pengen bikin tapi baru sekarang sempatnya (dan beraninya). Pertama kali nyoba waktu makan di Churroria Grand Indonesia bareng food-mate, habis dari situ langsung bilang, “gak akan beli lagi. bakal bikin aja” ahaha #sikap

Aku sudah blog walking kesana kemari dan ketemu resep Churros-nya mbak Ricke Ordinary Kitchen. berhubung Churros katanya sama dengan donat goreng, jadi yg aku harapkan adalah tekstur crunchy di luar dan empuk di dalam, serta empuk mengembang. Aku dapatkan di resep ini. Enaaak deh! Hanya resep yang aku sesuaikan, tapi cara membuatnya sama ya. mari di ceki2 🙂

ChurrosRecipe-ChocolatyCakes

CHURROS
by Ricke Indriani

Bahan:
250 ml air
50 gram butter/margarin (aku pakai 100 gr butter unsalted –Asti)
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
150 gram terigu protein sedang/all purpose flour, ayak (bisa pakai Cakra utk hasil yg lebih chewy –Asti)
1/4 sdt vanilla
1 butir telur ukuran besar (saya sering pakai 2 butir karena ukuran telur tidak terlalu besar), dikocok lepas
Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng churros

Bahan taburan:
4 sdm gula pasir halus (gula kastor)
1/2 sdt kayu manis bubuk
(aku cocol juga dengan Ganache dgn perbandingan 1:1 –Asti)

Cara membuat:
1. Masak air, butter/margarin, gula dan garam hingga mendidih dan butter/margarin meleleh. Matikan api. Masukkan terigu yang sudah diayak dan vanilla. Aduk cepat. Nyalakan kembali api kecil, aduk-aduk hingga adonan licin dan kalis (tidak menempel di panci). Angkat. Biarkan sampai agak hangat.
2. Masukkan telur, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu. Adonan akhir adalah adonan yang lengket tapi tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus. Bila adonan terasa masih agak susah dispuit, tambahkan telurnya (menjadi 2 butir) karena ukuran telur berbeda-beda.
3. Masukkan adonan ke dalam piping bag/kantong segitiga hingga adonan habis. Gunting ujungnya lalu masukkan lagi ke dalam piping bag/kantong segitiga yang sudah diberi spuit bintang ukuran besar.
4. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, spuitkan adonan ke dalam minyak goreng sepanjang 10 cm atau sesuai selera. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Atau bisa juga menyemprotkan dulu adonan churros ke atas loyang yang ditabur terigu tipis, lakukan sampai adonan habis. Simpan sebentar di freezer sampai adonan agak mengeras, baru digoreng. Hasilnya lebih cantik. Kali ini saya bikin versi panjang dan bentuk hati.
5. Tunggu sampai agak hangat, baru balut dengan bahan taburan. Sebaiknya jangan saat terlalu panas langsung dibalut karena gulanya akan sedikit meleleh. Atau sajikan dengan chocolate sauce (churros con chocolate)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s